3 Cara Jitu mempercepat HP Lemot Android Samsung, Lenovo DLL

Cara Memperbaiki Hape Lemot Lelet
Hai sahabat Caraline, semoga dalam lindungan Allah selalu ya. Amin. Kali ini dirangkum dari berbagai sumber akan membahas cara mempercepat HP Lemot. Apakah Anda sedang mengalamai Smartphone Android yang seringkali terasa semakin lelet dan mudah crash. Tentu saja kita membutuhkan cara mempercepat hp android samsung, xiomi dan semua android yang lemot.

Karena hp android yang lemot itu sungguh mengecewakan, apalagi kalau yang dibeli adalah ponsel android bergengsi dengan harga hampir mencapai puluhan juta rupiah. Wadduh apa artinya hape android yang mahal tapi lemot.

Jika demikian cobalah lakukan cara ampuh ini, yang dirangkum caraline dari berbagai sumber, untuk mengembalikan kinerja ponsel kembali seperti waktu baru beli.


1. Update OS untuk Hape Android Lemot

Pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbarui ke sistem operasi versi terbaru. Caranya, masuk ke Setting> About device> Software update dan sentuh tombol Check for updates.


Bila menemukan pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda. Biasanya, selain memperbaiki kinerja, pembaruan ini juga berisi bermacam fitur baru.

Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi yang terpasang di ponsel. Usahakan untuk selalu memperbaruinya agar kinerja aplikasi tersebut tetap kencang

Tentu saja tidak semua produsen ponsel merilis pembaruan untuk sistem operasi Android yang mereka pakai. Bahkan, pembaruan keamanan atau sistem secara berkala pun seringkali tidak ada.

Bila itu yang terjadi, tak banyak yang bisa diperbuat. Pengguna cukup memperhatikan saja dan memilih produsen yang rajin memperbarui software mereka.


2. Bersihkan home screen di Hape Anda yang lemot

Home screen atau layar utama seringkali dipenuhi berbagai shortcut (pemintas) aplikasi, baik yang baru dipasang atau karena sering dipakai. Cobalah untuk membersihkan pemintas tersebut, hapus dan sisakan seperlunya saja.

Selain itu, pastikan juga bahwa wallpaper yang dipasang bersifat statis. Hindari wallpaper bergerak karena ini berperan membebani kinerja ponsel.


3. Hapus atau matikan aplikasi tak terpakai di hape lemot

Bila menemukan aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai, segera hapus. Pasalnya aplikasi tersebut juga memenuhi ruang pemrosesan dalam ponsel. Artinya, aplikasi tersebut punya andil dalam membebani kinerja.

Jika tidak bisa dihapus, biasanya Anda tetap bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memakan memori.

Caranya, masuk ke Settings> Apps dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung sajak klik dan pilih disable untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.