Post Top Ad

Sponsor

CARI DI GOOGLE

Solusi Mengobati Asam Lambung Kambuh dan Cara Mengatasinya

Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. Ada kalanya jumlah asam lambung menjadi berlebih sehingga berkemungkinan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala asam lambung Anda.


Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/pahit karena asam naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Baca Juga
Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara jelas. Kelebihan berat badan ataupun obesitas adalah satunya. Makanan dan minuman tertentu seperti makanan berlemak dalam jumlah banyak, cokelat, kopi, dan alkohol juga dapat meningkatkan resiko refluks.

Berbagai kondisi medis juga dapat memunculkan gejala refluks asam lambung, yaitu esofagitis (radang esofagus), gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan dan pencernaan makanan).
Mengubah Gaya Hidup

Mengobati asam lambung tidak lepas dengan usaha untuk memperbaiki pola hidup, seperti:

Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi


GERD dapat dipicu oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan. Selain itu, hindari kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena beresiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.

Perhatikan pakaian di sekitar perut


Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut. Tekanan pada pakaian ketat ini dapat memicu isi perut terpancing kembali ke esofagus dan menyebabkan muntah. Agar lebih aman, gunakan pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut.

Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut


Tentu saja Anda tetap harus berolahraga agar selalu sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang mungkin menjadikan perut tertekan, antara lain gerakan peregangan, naik tangga, dan membungkuk. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah selesai makan.

Tidur yang cukup


Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Jangan diabaikan, kondisi ini bisa menciptakan komplikasi, mulai dari tahap risiko mengalami penyakit kronis hingga akhirnya ke tahap dapat menurunkan tingkat harapan hidup. Segera perbaiki pola tidur Anda agar kebutuhan akan tidur dapat tercukupi.

Tidur dengan posisi lebih tinggi


Yang harus dilakukan adalah meninggikan posisi tubuh atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Bagian tubuh atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Hanya menambahkan bantal di kepala biasanya tidak efektif.

Sumber ; Alodokter.com


Cari dan Baca Juga


    No comments:

    Post a Comment

    Cari Blog Ini

    Post Bottom Ad

    Popular Posts