Cara dan Gaya Belajar Kinestetik untuk Anak Kreatif

Setiap anak juga memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih cepat menangkap pelajaran melalui penjelasan secara visual (penglihatan), auditorial (pendengaran), ataupun kinestetik (gerakan).

Memberikan bacaan untuk dipelajari ataupun presentasi berupa gambar dan tulisan di depan kelas adalah cara yang ideal bagi anak-anak yang memiliki gaya belajar visual. Sedangkan, membacakan cerita atau menjelaskan sesuatu secara verbal adalah cara belajar yang paling pas bagi anak yang tergolong auditorial. Lalu bagaimana dengan tipe pembelajar yang terakhir?

Menurut Brandi Roth, PhD., psikolog sekaligus penulis buku Secrets to School Success: Guiding Your Child Through a Joyous Learning Experience, dari Beverly Hills, Amerika, anak kinestetik punya ciri mudah mempelajari sesuatu melalui praktik langsung.

Misalnya, melatih penjumlahan dengan melibatkan benda-benda seperti kelereng, pensil, dll, untuk dijumlahkan secara langsung. Dengan kata lain, masih dalam konteks permainan yang melibatkan gerakan tetapi sekaligus sambil mempelajari suatu materi tertentu.

Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik adalah sebagai berikut:

  • - Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu.
  • - Rentang perhatian pendek.
  • - Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja.
  • - Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu.
  • - Mereka dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatu sendiri.


Strategi Gaya Belajar Kinestetik


Dari ketiga gaya atau cara belajar, gaya kinestetik inilah yang paling unik sekaligus gaya belajar yang cukup menarik untuk di praktekan, gaya kinestetik pada umumnya merupakan gaya yang menuntut seseorang untuk melakukan praktek guna memahami materi yang di pelajari.

Gaya kinestetik ini biasanya di miliki oleh mereka yang terampil dalam hal-hal yang berkaitan dengan olah raga atau pun bidang lain yang memerlukan keterampilan teknik seperti merakit mesin dan benda-benda elektronik serta semacamnya.

Nah yang menjadi permasalahan ialah apabila orang dengan gaya kinestetik ini berada di sekolah yang bukan sekolah vokasi satu kejuruan, atau berada di sekolah kejuruan namun tidak menuntut keterampilan yang lebih banyak menggunakan fisik atau hal-hal yang bersifat teknis.

Bagi orang yang bertipe kinestetik ini hal tersebut merupakan permasalahan tersendiri yang perlu di cari jalan kerluarnya, namun begitu kebanyakn pembelajar tipe kinestetik tidak mengetahui atau menyadari jalan tersebut.

Ada beberap tips dan trik untuk membantu pelajar kinestetik guna belajar dengan lebih efektif dan efisien, yaitu sebagai berikut ;

Membuat Peta Konsep

Cara ini memang sama dengan yang trik yang di gunakan oleh pembelajar tipe visual, perdedaan yang menjadi pusat perhatian antara peta konsep untuk pelajar kinestetik dan visual terletak pada proses pembuatannya.

Pada pembelajar visul, hasil lebih di utamakan dalam pembuatan peta konsep sehingga proses bisa tidak begitu di perhatikan,  peta konsep yang di buat harus bisa dengan mudah di mengerti dan di pahami.

Pada pembelajar kinestatik, selain perfokus pada hasul, konsentrasi lebih di arahkan pada pembuatan peta konsep yang memerlukan banyak kerja otot tangan untuk menulis dan menggambar, dengan menuliskan dan menggambarkan seseuatu maka di harapkan apa yang di tuliskannya itu akan lebih mudah maasuk dan di terima oleh otak.

Belajar lah Sambil Bergerak

Ketika belajar seorang kinestetik biasanya tak bisa diam, berbeda engan tipe auditori yang belajar sambil membaca materi dengan keras hingga mampu terdengar oleh dirinya sendiri. Pada pembelajar kinestetik, belajarlah sambil bergerak atau berjalan, menggigit pulpen atau pensil dan semacamnya untuk mempertahankan focus pada apa yang di pelajari.

Banyak-banyak lah Menulis
Menulis dapat membantu pembelajar kinestetik untuk belajar lebih cepat, karena sambil menulis mereka juga akan membaca materi-materi yang di tulis sehingga materi-materi tersebut dapat di serap dengan baik oleh ingatan dan otak.


Daftar Rujukan

  • Ciri-ciri dan Tipe Anak Kinestetik/http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/ciri-ciri+anak+tipe+kinestetik/Strategi Belajara Kinestetikhttp://psikooo.blogspot.com/2013/11/strategi-belajar-kinestetik.html/Strategi Belajar Kinestetik/psikooo.blogspot.com/2013/11/strategi-belajar-kinestetik.html
  • Gaya Belajar Kinestetik – LES PRIVAT TOBE/https://www.tobecourse.com › Blog › Blog
  • 18 Nov 2018 - Gaya belajar kinestetikal punya cara yang berbeda dengan tipe visual dan auditorial dalam strategi belajar. Berikut ini tips dan strateginya.
  • Strategi belajar kinestetik | KASKUS/https://www.kaskus.co.id › Home › FORUM › All › News › Education
  • 21 Des 2009 - bro, saya plg mls nulis. dan saya kineasthetic cara belajar saya bagaimana bro? Ok gan. Penjelasan tentang kinestetik, gaya belajar kinestetik/Solusi Kinestetik - Academy Counseling/ akademikonseling.weebly.com/solusi-kinestetik.html
  • GAYA BELAJAR KINESTETIK Tipe Kinestetik adalah tipe gaya belajar yang cenderung mudah menera dan mengolah informasi melalui serangkaian aktivitas_Pengertian Gaya Belajar Kinestetik dan Strateginya - Penulis Cilik_https://www.penuliscilik.com › Parenting Indonesia Terbaru
  • Loncat ke Strategi Gaya Belajar Kinestetik - Strategi belajar yang mungkin tepat untuk anak yang ... Cara belajar membaca anak kinestetik adalah dengan_Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik - Konseling Indonesia.Com_https://www.konselingindonesia.com/.../gaya-belajar-visual-auditori-dan-kinestetik.ht...