Post Top Ad

Sponsor

CARI DI GOOGLE

Obat Alami Asam Lambung - JAHE, PERMEN KARET, DAN BAKING SODA

Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. Ada kalanya jumlah asam lambung menjadi berlebih sehingga berkemungkinan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala asam lambung Anda.



Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/pahit karena asam naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.


Obata Alami Asam Lambung

Jahe


Rempah ini dapat membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.

Permen karet


Permen karet bebas gula membantu merangsang produksi air liur. Air liur bersifat basa sehingga membantu menetralkan asam lambung. Pilihlah permen karet bebas gula dan kunyah selama setengah jam setelah makan. Hindari permen karet rasa mint karena dapat memicu refluks asam lambung.

Baking soda


Satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan segelas air dapat membantu menetralkan asam lambung. Lakukan hingga empat kali sehari pada 1-2 jam setelah makan. Baking soda berfungsi membantu pencernaan dan menetralkan asam lambung.

Teh chamomile


Teh chamomile sudah sering digunakan masyarakat untuk mengobati dispesia atau maag. Sayangnya penelitian medis mengenai hal ini masih jarang.

Usaha untuk mengobati asam lambung dapat dilakukan di rumah melalui perubahan gaya hidup. Walau tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan esofagus akibat GERD, beberapa jenis bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung dapat Anda dapatkan secara bebas di apotek. Namun, jika gejalanya tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

Sumber ; Alodokter.com
Cari dan Baca Juga


No comments:

Post a Comment

Cari Blog Ini

Post Bottom Ad

Popular Posts