Post Top Ad

Sponsor

CARI DI GOOGLE

Cara dan Modal Usaha Bakso serta Lokasi Strategis Jualan Bakso

Bakso adalah salah satu jenis makanan yang populer dan disukai, jenis makanan yang sangat populer di Indonesia baik dikota atau didesa semua orang suka dengan bakso terutama kaum wanita seperti ibu dan remaja putri.



Daftar Bacaan Tentang Bakso

1. Peluang Usaha Bakso
2. Modal Usaha Bakso
3. Pilihan Lokasi Jualan Bakso
4. Jenis Bakso Populer
5. Cara Membuat Bakso
6. Tips Sukses Usaha Bakso

Banyak orang yang sudah sukses menjalani usaha bakso, dari usaha yang tadinya hanya usaha kecil-kecilan berkembang menjadi usaha bakso yang besar dan bahkan mampu membuka cabang dan menjadikan baksonya sebagai produk franchise.

Usaha berjualan bakso bukan jenis usaha yang bermodal besar, biaya terbesar mungkin ada pada gerobak jika Anda akan menjualnya dengan cara berkeliling.

Penjualn bakso yang berjualan berkeliling ataupun hanya berjualan dirumah rata-rata memang membutuhkan gerobak atau setidaknya box yang menyerupai gerobak sebagai tempat untuk memasang dan meletakkan bahan-bahan. Bisa dengan atau tanpa menggunakan roda, tergantung kebutuhan.

Modal Awal Usaha Bakso

Biaya pembuatan gerobak bakso kurang lebih berkisar pada angka 1 – 1,5 jutaan, bentuk gerobaknya tentu saja umum dan dengan ukuran normal. Jika membuat dengan ukuran yang berbeda dan lebih besar maka biayanya juga akan menjadi sedikit lebih besar.

Untuk bahan bahan baku baksonya, diperkirakan modal yang dibutuhkan adalah sekitar 500 ribuan. Ini sudah lengkap dari mulai bakso dan bumbu kelengkapannya termasuk sambel, saus, kecap, bakso dan mie. Sedangkan untuk biaya pengadaan alat-alat makan seperti mangkuk, sendok, garpu, dan lain sebagainya dibutuhkan biaya sekitar 250 ribuan.
sumber informasi dari Cirebon Share.

Hitungan awalnya untuk modal berjualan bakso sebagai berikut:
  • Modal Gerobak / Rombong     1.500.000
  • Modal Bahan Baku     500.000
  • Modal Peralatan Makan     250.000
  • Modal Lain-lain     250.000
  • Total Modal     2.500.000

NOTE : Asumsi biaya modal usaha bakso ini adalah jika berjualan di rumah sendiri atau menyiapkan tempat sendiri, atau juga berjualan berkeliling. Jika berjualan dengan menyewa sebuah tempat maka silahkan ditambahkan biaya sewanya misalkan dihitung perbulan atau sekalian pertahun.

Lokasi adalah satu hal penting yang menjadi salah satu penentu sukses usaha jualan bakso. Dimana saja lokasi yang cocok dan bagus untuk berjualan bakso? Ada beberapa tempat yang merupakan lokasi bagus.


  •     Di sekitar sekolah atau kampus

    Berjualan bakso dilokasi ini sangat besar peluangnya karena setiap harinya sekolah atau kampus selalu ramai, dan kecenderungan anak sekolah atau kuliah biasanya adalah nongkrong dan makan bersama. Itulah kenapa usaha makanan apapun di lingkungan sekolah atau kampus selalu banyak orang berjualan.

  •     Di area terminal atau stasiun

    Kenapa stasiun atau terminal bisa jadi lokasi yang bagus? Banyak penumpang kendaraan baik itu bus atau kereta yang berasal dari tempat yang jauh dan selama perjalanan biasanya mereka menahan lapar. Itulah kenapa banyak sekali penumpang yang baru turun dari bus atau kereta biasanya langusng mencari warung untuk makan.


  •     Di depan pabrik atau sekitar perkantoran
    Walapun pabrik atau kantor ada ya ng menyediakan kantin bagi karyawan tetapi tidak semua karyawan suka makan di kantin yang disediakan. Banyak diantara mereka yang memilih keluar untuk mencari makanan juga sekedar untuk menghirup udara luar.


  •     Di sekitar pasar
Pasar juga menjadi tempat yang sangat ramai, penjual makanan banyak sekali dijumpai disekitar pasar, lokasi ini juga cocok untuk tempat berjualan bakso atau jenis makanan lainnya.

Selain lokasi tersebut yang digunakn sebagai tempat mangkal, ada juga beberapa penjual bakso yang memilih menjajakan dagangan baksonya dengan cara berkeliling dengan gerobaknya. Lokasi yang dituju tentu saja yang padat penduduknya seperti perkampungan atau juga perumahan.

Untuk berjualan bakso di perumahan biasanya tidak sebebas di perkampungan karena beberapa perumahan ada yang tidak memberikan kemudahan pedagang untuk keluar masuk. Harus mencari lokasi perumahan yang tidak banyak memberikan aturan keluar masuk.


Jenis Bakso Yang Laris Dijual

Bakso adalah makanan umum, semua orang sudah kenal dengan bakso. Untuk menarik perhatian dari pembeli maka perlu ide kreatif. Seperti misalnya yang kita kenal ada bakso yang di campur dengan bakwan, ada bakso bola tenis, bakso tahu, dan jenis jenis bakso lainnya.

Dengan membuat sesuatu yang unik, salah satu yang jelas adalah orang akan mudah mengingat bakso yang dijual karena memiliki ke-khas-an tersendiri. Jika baksonya juga enak maka orang juga akan membicarakannya dan akan mengundang rasa penasaran orang lain untuk membeli.

Beberapa jenis bakso yang saat ini dikenal antara lain:
  • Bakso Sapi     Bakso Ikan
  • Bakso Udang     Bakso Ayam
  • Bakso Tahu     Bakso Bakwan
  • Bakso Telur     Bakso Ranjau
  • Bakso Tenis     Bakso Urat
  • Dan lain lain….

Bakso tersebut terutama yang menjadi ciri khas adalah bahan dasarnya, seperti bakso sapi yang pastinya dibuat dengan daging sapi, begitu pula bakso ayam yang bahannya dari daging ayam. Penjual yang kreatif biasanya memberikan variasi sendiri pada bakso mereka baik itu pada tambahan menunya yang unik dan khas dan membuat berbeda atau juga dari pemberian nama.

Khususnya penjual bakso yang mangkal biasanya menamai baksonya dengan nama yang unik, untuk memudahkan pelanggan mengingat bakso mereka. Salah satu strategi sukses jualan bakso yang patut ditiru, tentunya dengan ide kreatif Anda sendiri.


Membuat Bakso Sendiri


Saat ini ada banyak tulisan bebas tersebar di internet tentang cara membuat bakso, banyak orang berbagai cara buat bakso versi mereka yang mereka praktekan sendiri. Anda saat ini mungkin beluym tahu caranya, tetapi bukan halangan untuk tetap menjalankan usaha bakso karena Anda hanya perlu belajar cara membuat bakso.

Kebetulan sekali di halaman ini ada sedikit tulisan tentang cara membuat bakso yang mengambil referensi dari beberapa sumber. Ini bisa Anda praktekkan sendiri untuk membuat bakso dengan tangan sendiri sehingga akan lebih membanggakan untuk Anda.

Walaupun saat ini sudah ada orang pintar yang membuat mesin pembuat bakso yang bisa mencetak bakso secara otomatis dan bisa meringankan pekerjaan. Tetapi untuk membeli mesin ini tentunya butuh modal yang lumayan besar dan tentu kurang cocok untuk mereka jadi pemula dan bermodal kecil. Mesin ini lebih cocok dibeli dan digunakan oleh mereka yang membuat bakso (pengusaha bakso) bukan mereka yang berjualan bakso kecil-kecilan.

Bagaimana Cara Membuat Bakso Sendiri?

Silahkan baca tulisan dibawah ini tentang cara membuat bakso, baca dengan cermat dan juga dipahami lalu bisa segera dipraktekkan.

Sebagai contoh yang dibuat adalah bakso daging sapi, berikut ini bahan-bahan yang harus disediakan terlebih dahulu

  •     300 gram daging sapi segar (sudah digiling halus)
  •     3 sdm tepung tapioka
  •     3 siung bawang putih dihaluskan
  •     1 sdt garam halus
  •     1 butir telur diambil putihnya
  •     1 sdt baking powder (agar baksonya mengembang)
  •     merica bubuk (secukupnya)
  •     pala bubuk (secukupnya)
  •     air untuk merebus bakso
  •     air es (secukupnya)


    Bahan bahan diatas di campur menjadi satu dan di blender kecuali airnya, jika harus manual bisa dengan cara diuleni atau dicampur manual dengan tangan
    Jika agak kesulitan saat di blender atau di campur gunakan sedikit air es yang tadi disiapkan
    Blender hingga hasil adonan menjadi halus dan lembut
    Ambil adonan bakso dan bentuk menjadi bulatan kecil (beberapa orang menggunakan tangan saja dengan menekan adonan dalam genggaman tangan dan akan keluar bakso di sela jari telunjuk dan  jempol dan bentuknya sedikit bulat. Ada juga yang menggunakan sendok untuk membentuk bulatan bakso.
    Setelah itu rebus bakso bakso bulatan tadi dalam air yang telah disiapkan bertahap
    Bakso yang sudah masak akan mengampung, ambil yang sudah mengapung dan tiriskan

Bakso yang sudah jadi ini usahakan disimpan ditempat yang steril, agar terhindar dari bakteri penyakit. Salah satu caranya adalah disimpan di lemari es / kulkas.

Bagaimana Cara Membuat Kuah Bakso?


Persiapkan bahan-bahan untuk membuat kuas bakso
  •     4 liter air untuk direbus
  •     400 gram tulang sapi
  •     1 sdm lada bubuk
  •     daun bawang secukupnya dicincang kecil-kecil
  •     12 siung bawang putih dihaluskan
  •     2 sdt kaldu rasa sapi
  •     garam secukupnya

Cara membuatnya :
  •     Rebus air dalam panci atau, tambahkan tulang sapi untuk mendapatkan aroma sedap dan rasa sapi
  •     Biarkan air berisi tulang sapi mendidih, baru kemudian kecilkan apinya.
  •     Tambahkan bawang putih dalam panci, selama kurang lebih 15 menit hingga 30 menit.
  •     Baru setelah itu, tambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti.
  •     Aduk kuah bakso tersebut agar lebih merata rasanya
  •     Tunggu sampai kuah bakso mendidih kembali.

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu membuat bakso dan membuat kuahnya, untuk mengetahui apakah bakso buatan Anda dan kuahnya berasa lezat dan mantap maka perlu meminta beberapa orang untuk mencobanya. Untuk lebih meyakinkan bahwa bakso spesial buatan Anda sudah siap dan pas bumbu-bumbunya.

Bekerja Keras Dan Pantang Menyerah


Untuk bisa mendapatkan kesuksesan pastinya dibutuhkan kerja keras, ketekunan, keuletan, dan sikap serta tekad yang kuat dan pantai menyerah. Karena semua usaha pasti akan menemui kendala baik itu kecil maupun besar.

Misalnya saja ternyata bakso buatan Anda kurang disukai oleh pembeli dari segi rasa, maka Anda harus mencoba memperbaiki hal ini dengan meningkatkan rasa, belajar membuat bakso dan kuah lebih baik lagi.

Jika Anda jualan berkeliling, bisa jadi awal-awal Anda perlu beradaptasi, juga menyikapi jika dagangan Anda sepi karena orang belum mengenal Anda.

Anda juga kemungkinan akan menemukan saingan lain penjual bakso, ini jika Anda berjualan keliling karena sebelum Anda mungkin sudah ada orang lain yang berjualan di lokasi tersebut. Untuk menghindari bentrokan mungkin perlu survey lokasi terlebih dahulu. Jika harus berjualan dilokasi yang sama mungkin Anda perlu memilih waktu yang berbeda dengan saingan Anda.

Jangan lupa untuk bekerja keras, dan selalu bersabar dan Berdoa

Itulah uraian dari beberapa tips untuk sukses berjualan bakso, semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi dan semangat Anda yang sedang mencoba peruntungan dari usaha jualan bakso.


Cari Juga Sumber Terkait


No comments:

Post a Comment

Cari Blog Ini

Post Bottom Ad

Popular Posts