Post Top Ad

Sponsor

CARI DI GOOGLE

Ciri-Ciri Lahan atau Tanah Yang Sukses untuk Segala Tanaman

Salam Lestari sahabat pencinta alam. Kali ini aku mau tulis soal Ciri-Ciri lahan atau tanah yang sukses untuk segala tanaman. Tentu saja mulai dari tanah atau lahannya.

Tanah yang subur adalah tanah yang banyak mengandung zat organik, unsur hara, dan kandungan zat lain yang menyebabkan kelangsungan kesuburan tanah tersebut. Disini dwisangpetani akan menjelaskan secara rinci, ciri ciri  tanah yang subur, sesuai pengalaman saya.

Tanah yang di katakan subur adalah tanah yang mempunyai ketentuan sebagai berikut :

1. Tanah tersebut mengandung biota tanah, yaitu makrofaona dan mikroflora


Makrofauna, adalah, sklompok sepesies biota tanah yang terdiri dari jasad hidup, begitu banyaknya sehigga belum bisa terindentifikasi oleh peneliti. Berbagai macam sepesies jazad hidup tersebut, peka terhadap perubahan lingkungan, praktek pengolahan tanah serta tanam, sehingga keanekaragam biota (makrofaona, mikrofaoma, mezofaona)  digunakan sebagai petunjuk terjadinya proses degradasi atau rehabilitasi tanah. Sehingga dekomposisi dalam tanah akan mudah gembur dan subur karena adanya biota jazat hidup.

Mikroflora, adalah sebuah jazat renik yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata, biasanya para ahli menggunakan alat bantu yaitu mikroscop. Menurut sigee (2005) dalam yuhana.at .al (2011), mikroflora merupakan sebuah mikroorganisme "seperti tumbuhan", yang hidup pada suatu substrat terendam air termasuk di dalamnya adalah alga mikroskopis bakteri. Yang penempatanya di daerah tanah yang gembur, jarang di tanah yang gersqng, dangkal dan berkapur. Jadi secara otomatis tanah yang di tempati jazad renik tersebut sangatlah subur.

2. Memiliki struktur kandungan humus


    Humus, adalah lapukan dari batang, ranting, daun dan pohon, yang membusuk dikarenakan terjadi perombakan organisme dalam tanah. Secara kimia, humus di definisikan sebagai suatu komplek organik makromolekuler, yang mempunyai banyak kandungan seperti, fenol asam karboksilat dan alifatikhidrosida. Humus memiliki kontribusi terbesar terhadap kelangsungan kesuburan tanah, biasanya tanah yang mengandung humus berwarna coklat pekat(tua). Senyawa humus juga berperan penting dalam menghasilkan pengikatan toksit dalam air dan tanah.

3. Mengandung PH yang setabil


Untuk tanah yang berkualitas kesuburanya super, kandungan PH nya setabil dalam arti, 'tidak terlalau banyak, atau terlalau sedikit. Adapun kandungan utuk jenis tanah yang subur di definisikan sebagai berikut, " PH yang identik dengan tanah subur berkisar, tidak kurang dari " 6,80' dan tidak lebih dari, "7,20'. Sehingga unsur hara dan senyawa yang penting dapat di serap oleh tanaman.

Untuk tanah yang PH nya terlalu asam yaitu berkisar, " 6,80' ke bawah, bisa di netralisirkan atau di normalkan sehingga mendekati, 7, yaitu dengan cara menambahkan "CaCO3" sehingga kandungan PH pada tanah bisa normal.

Berikut adalah contoh PH dalam jenis tanaman, yang di antaranya"

  •     Untuk" Budidaya Tanaman Anggur" PHnya ,"6,5' sampai 7.
  •     Untuk "Budidaya Tanaman Kelengkeng" PHnya berkisar, "5,5 sampai 6,5"

4. Mempunyai paduan antara tanah liat dan pasir yang seimbang


Tanah liat, tanah jenis ini mempunyai kandungan kaya akan makanan untuk tanaman, cuma sayangnya 0², tidak bisa masuk menembus tanah ini sehingga tidak bisa di serap tumbuhan.

Tanah pasir, jenis tanah ini sebetulnya bagus, cuman susah untuk mengikat air, sehingga fenomenanya tanah menjadi mudah kering dan gersang.

Jadi kesimpulanya, tanah perpaduan antara tanah liat dan pasir, itu sangatlah bagus dan subur, yang berfungsi untuk kelangsungan akar tunggang ,karena letak posisi tanah liat berpasir ini letaknya di dalam , kurang lebih 1-2 m dari permukaan tanah.

5. Bisa di tanami beraneka ragam tanaman


Tanah yang mempunyai ciri ciri tanah yang paling subur, mudah di tanamin berbagai macam tanaman sesuai iklim pada suatu daerah tersebut.

Karena kandungan tanah yang subur ini terdiri dari , beraneka ragam zat organik alami, tanahnya berstruktur liat berpasir, serta mempunyai PH yang seimbang ,sudah jelas kualitas tanah ini sangatlah subur. Sehingga jenis tanaman yang tumbuh di tanah ini bisa berkembang biak dengan sempurna, sehingga bisa berbuah lebat dan manis.

No comments:

Post a Comment

Cari Blog Ini

Post Bottom Ad

Popular Posts